Peningkatan Perdagangan Satwa Liar Online Myanmar Membahayakan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 06 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Penelitian terbaru World Wildlife Fund (WWF) menunjukkan bahwa perdagangan satwa liar ilegal secara online di Myanmar meningkat 74 persen. Itu terjadi hanya dalam waktu satu tahun, dari 2020 hingga 2021. Peningkatan perdagangan satwa liar di negara tersebut dianggap membahayakan keanekaragaman hayati secara global, maupun kesehatan manusia.

Laporan bertajuk 'Menjadi viral: perdagangan satwa liar Myanmar meningkat secara online' itu merinci 173 spesies berbeda diiklankan untuk dijual secara online pada 2021, naik dari 143 spesies tahun sebelumnya. Penjualan spesies mamalia--baik sebagai hewan hidup maupun bagian tubuhnya--meningkat 241 persen.

Postingan yang mengiklankan mamalia untuk dijual merujuk pada musang yang dibiakkan secara komersial, daging trenggiling sunda yang terancam punah untuk dikonsumsi, potongan kulit gajah untuk perhiasan, dan beruang muda sebagai hewan peliharaan.

“Penelitian WWF mengungkapkan bahwa perdagangan online satwa liar di Myanmar sedang meningkat,” kata Shaun Martin, Pemimpin Proyek Kejahatan Dunia Maya Perdagangan Satwa Liar Regional WWF-Asia Pasifik, melalui siaran pers yang dipublikasikan pada Jumat (1/4/2022) kemarin.

Perdagangan satwa liar ilegal di Myanmar./Foto: WWF

"Terlepas dari pentingnya keanekaragaman hayati Myanmar secara global dan semua yang sekarang kita ketahui tentang asal-usul COVID-19, pemantauan perdagangan online telah mengungkapkan spesies berbeda disimpan dalam jarak dekat--terkadang di kandang yang sama, daging liar terjual dalam hitungan menit dengan permintaan lebih banyak," lanjut Martin.

"Penjualan hewan yang akan segera punah dibahas secara terbuka dalam grup online, dan perdagangan terjadi lintas batas negara. Dengan rekam jejak Asia sebagai tempat berkembang biaknya banyak penyakit zoonosis baru-baru ini, peningkatan tajam dalam perdagangan online satwa liar di Myanmar ini sangat mengkhawatirkan.”

Sindrom pernapasan akut parah (SARS), sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS), flu babi (H1N1), flu burung (H5N1), dan COVID-19, semuanya berasal dari hewan dan telah berkembang biak di Asia dalam dua dekade terakhir. Dengan para ilmuwan memperkirakan bahwa 3 dari setiap 4 penyakit menular baru atau yang muncul pada manusia berasal dari hewan, kemungkinan besar penyebaran penyakit dari hewan ke manusia--atau zoonosis--akan menjadi pemicu pandemi di masa depan. Perdagangan satwa liar hidup dan bagian satwa liar menyatukan banyak spesies dan patogennya, meningkatkan potensi limpahan ke manusia.

Di antara 11.046 item satwa liar yang dipromosikan untuk dijual melalui posting media sosial, terdapat enam spesies yang terdaftar sebagai "Sangat Terancam Punah" pada Daftar Merah Spesies Terancam IUCN, yang menunjukkan risiko kepunahan yang sangat tinggi di alam liar.

Tujuh spesies lainnya ditandai “Terancam Punah” dan 33 spesies ditandai “Rentan” pada Daftar Merah IUCN. Catatan khusus adalah posting yang mengiklankan trenggiling Sunda dan Cina, keduanya spesies “Kritis”, dengan trenggiling juga diidentifikasi membawa betacoronavirus terkait SARS.

Postingan ini mengiklankan trenggiling sebagai hewan hidup dan daging liar, serta mengacu pada pembiakan komersial. Postingan serupa untuk musang juga terlihat, dengan musang diidentifikasi sebagai inang perantara dari virus yang menyebabkan wabah SARS di Asia pada 2002.

“Risiko penularan patogen baru dari hewan liar ke manusia--sumber paling umum dari epidemi baru, dan pandemi--meningkat dengan kondisi kontak dekat yang diciptakan oleh perdagangan ini,” kata Emiko Matsuda, Group Lead on Biodiversity and Public Sector Partnership, WWF-Jepang.

“Penjualan online hewan hidup dan produk satwa liar ini perlu dihentikan sebelum meningkat lebih jauh, membahayakan satwa liar Myanmar yang berharga dan kesehatan masyarakat global.”

Dalam survei tahun 2021 yang dilakukan oleh Globescan dan WWF, 85 persen responden Myanmar mendukung upaya untuk menutup semua pasar berisiko tinggi yang menjual hewan yang berasal dari alam liar, dan 81 persen percaya bahwa ini akan efektif dalam mencegah terjadinya pandemi di masa depan. Demikian pula hasil yang tinggi ditemukan pada responden survei di Vietnam, Thailand dan Cina.

“Penjual dengan berani memposting tentang spesies yang dilindungi secara hukum di media sosial, berbagi foto dan video,” imbuh Martin.

“Pedagang mengangkut hewan liar di bus umum, dalam kemasan tipis, dan terkadang dengan jelas memberi label isinya. Kejahatan dunia maya ini berpotensi mengganggu kestabilan kawasan, dan lebih banyak yang perlu dilakukan untuk mengatasi pasokan, dan permintaan, satwa liar.”

Temuan utama dari laporan WWF baru tentang perdagangan online satwa liar meliputi:

  • Lebih dari 11.046 produk dari 173 spesies tercatat dijual online pada 2021.
  • 96 persen postingan adalah untuk hewan hidup, dengan 87 persen iklan bahwa hewan diambil dari alam liar.
  • Pos penjualan mamalia naik 241 persen dari 2020 hingga 2021.
  • Grup perdagangan online terbesar memiliki lebih dari 19.000 anggota dan lebih dari 30 posting sehari.
  • Jumlah spesies yang diperdagangkan dalam Daftar Merah IUCN naik 80 persen dari 2020 hingga 2021.