Ayo Tanam Pohon, Suhu 2024 Berpotensi Lebih Panas

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Sabtu, 11 November 2023

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Dunia diperkirakan akan menjadi lebih panas pada 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, tahun 2024 berpotensi lebih panas lagi karena efek El Nino biasanya baru muncul setahun kemudian.  

Hal ini disampaikan para ilmuwan sebelum pertemuan puncak perubahan iklim COP28 di Dubai bulan ini. 

Wakil Direktur Copernicus Climate Change Service, Samantha Burgess, mengatakan urgensi untuk aksi iklim yang ambisius menjelang COP28 sangat tinggi. “Kami dapat mengatakan dengan hampir pasti bahwa 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat, dan saat ini suhunya 1,43 derajat Celcius di atas rata-rata pra-industri,” kata Burgess, Rabu, 8 November 2023.

Para ilmuwan Copernicus menemukan bahwa bulan lalu adalah bulan Oktober terpanas yang pernah tercatat secara global, dengan suhu 1,7 derajat Celcius di atas rata-rata suhu yang diperkirakan selama Oktober di akhir tahun 1800-an.

Ilustrasi gelombang panas ekstrem. Foto: iStock

Sejak Revolusi Industri, manusia telah memompa gas yang memerangkap panas ke atmosfer, dengan membakar bahan bakar fosil dan merusak alam. Emisi ini meningkatkan suhu bumi sebesar 1,2 derajat Celcius. Dalam laporan terbarunya, para ilmuwan menemukan bahwa anomali suhu global pada Oktober 2023 adalah yang tertinggi kedua sepanjang bulan dalam kumpulan datanya, hanya tertinggal dari bulan sebelumnya.

“Rekor panas ini artinya sama dengan rekor penderitaan manusia,” kata Friederike Otto, ilmuwan iklim di Imperial College London. “Dalam tahun ini, gelombang panas dan kekeringan ekstrem yang diperburuk oleh suhu ekstrem ini telah menyebabkan ribuan kematian, orang kehilangan mata pencaharian, pengungsian, dan sebagainya. Ini adalah catatan yang penting.”

“Itulah sebabnya perjanjian Paris adalah perjanjian hak asasi manusia, dan jika tidak memenuhi tujuan yang terkandung di dalamnya, maka perjanjian tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia dalam skala besar.”

Pada pertemuan puncak konferensi iklim di Paris delapan tahun lalu, para pemimpin dunia berjanji untuk mencoba menghentikan pemanasan global sebesar 1,5 derajat Celcius pada akhir abad ini. Namun kebijakan saat ini justru mengarahkan kenaikan suhu sekitar 2,4 derajat Celcius.

“Bulan Oktober 2023 adalah contoh buruk lainnya yang menunjukkan bagaimana rekor suhu semakin hancur dengan selisih yang sangat besar. Pemanasan global akibat peningkatan emisi gas rumah kaca dan El Niño di Samudera Pasifik tropis memberikan dampak yang sangat buruk terhadap planet ini, ”kata Akshay Deoras, seorang ilmuwan peneliti meteorologi di University of Reading. 

Rekor suhu panas bulan lalu membuat para ilmuwan tercengang. Mereka memperkirakan suhu ekstrem ini disebabkan oleh gabungan polusi gas rumah kaca, kembalinya pola cuaca alami El Niño, dan beberapa faktor lain termasuk penurunan polusi belerang dan letusan gunung berapi di Tonga.

Copernicus mengatakan kondisi El Niño terus berkembang namun anomali suhu sejauh ini lebih rendah dibandingkan dengan kejadian kuat sebelumnya pada tahun 1997 dan 2015.

“Sungguh menakutkan melihat suhu global sejak Juni 2023 jauh lebih hangat dibandingkan paruh kedua tahun 2015, ketika El Niño jauh lebih kuat,” kata Deoras. “Planet kita terus melewati tonggak sejarah buruk dalam sejarah meteorologinya, dan tidak mengherankan jika kita melihat rekor suhu baru di bulan-bulan berikutnya.”

Pada hari Rabu, Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan El Niño saat ini diperkirakan akan berlangsung setidaknya hingga April 2024. Karena efek El Niño biasanya terjadi setahun setelah El Niño terbentuk, para ahli mengatakan kemungkinan besar tahun 2024 akan lebih panas lagi.

Copernicus menemukan bahwa suhu rata-rata global antara bulan Januari dan Oktober 2023 adalah yang tertinggi yang pernah tercatat. Suhu ini mengalahkan rata-rata 10 bulan pada 2016 – yang merupakan pemegang rekor tahun terpanas saat ini – sebesar 0,1 derajat Celcius.

Richard Allan, seorang ilmuwan iklim di University of Reading, mengatakan manusia dapat menghindari pemanasan global terparah hanya dengan pengurangan emisi gas rumah kaca yang cepat dan besar-besaran di semua sektor. 

“Dan yang lebih penting, kita perlu membatasi peningkatan kondisi ekstrem basah, panas, dan kering yang menyertai pemanasan global yang cepat ini,” kata Allan.

Sebelumnya, berbagai laporan menunjukkan, menanam pohon dapat menjadi solusi menurunkan suhu kota. Jadi ayo tanam pohon