Dunia Harus Lakukan 8 Hal demi Hindari Efek Terburuk Krisis Iklim

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Selasa, 28 Maret 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Panel Antarpemerintah tentang Krisis Iklim (IPCC) telah merilis laporan sintesis terbaru dari penilaian keenamnya (AR6) pada Senin, 20 Maret lalu. Hasil dari penelitian delapan tahun, laporan berseri ini mencakup seluruh pengetahuan manusia tentang sistem iklim. Ratusan ilmuwan terlibat dalam penyusunannya, dan diterbitkan dalam empat bagian sejak 2021. 

Laporan ini mengumpulkan temuan-temuan paling penting – tetapi juga menyoroti beberapa tindakan utama yang harus segera diambil oleh pemerintah dan negara jika kita ingin menghindari bencana iklim. 

Mengurangi gas metana 

Pemotongan tajam untuk polutan iklim berumur pendek, seperti metana, dapat mengurangi lebih dari setengah derajat pemanasan global. Diproduksi dari operasi minyak dan gas dan tambang batu bara, dan dari peternakan dan sumber alam – seperti tumbuhan yang membusuk – metana adalah gas rumah kaca yang 80 kali lebih kuat dari karbon dioksida. Tapi skala ini hanya bertahan sekitar 20 tahun sebelum terdegradasi menjadi CO2.

Durwood Zaelke, ilmuwan peer review untuk laporan AR6 IPCC, dan pendiri Institute for Governance and Sustainable Development di AS, mengatakan memangkas emisi metana adalah “cara terbaik untuk memperlambat pemanasan jangka pendek – memang satu-satunya cara yang kita ketahui.” Sementara itu pengelolaan radiasi matahari, penghilangan karbon dioksida, dan penghilangan metana, semua masih bersifat spekulatif. 

Aksi Jeda Iklim yang diikuti ratusan anak muda di Jakarta, September 2019. Aksi itu digelar bersamaan dengan Climate Strike global di berbagai kota-kota dunia. Dalam aksi anak muda mendesak para pemimpin negara untuk mengambil tindakan serius soal krisis iklim. Dok Greenpeace Indonesia

Memotong emisi gas metana seharusnya mudah. Badan Energi Internasional (IEA) menemukan bahwa menyumbat kebocoran dari operasi bahan bakar fosil tidak hanya berbiaya rendah tetapi dalam banyak kasus menguntungkan. Tetapi banyak dari operasi ini dilakukan di negara-negara dengan sedikit komitmen pada tindakan iklim. Rusia adalah pelanggar terburuk, dan bahkan di AS, tindakannya lemah. Meskipun Ikrar Metana (Methane Pledge) ditandatangani oleh hampir 100 negara pada 2021, emisi metana terus meningkat dengan kuat. The Guardian baru-baru ini mengungkapkan bahwa terdapat 1.000 kebocoran metana super di berbagai wilayah di dunia. 

Menghentikan deforestasi 

Penebangan hutan hujan menghancurkan beberapa penyerap karbon terbesar di dunia dan berisiko membawa dunia ke "titik kritis" di mana hutan yang luas seperti Amazon dan Kongo menjadi sumber karbon dioksida ke atmosfer alih-alih menyerapnya.

Hutan yang tersisa di dunia juga merupakan titik penting bagi keanekaragaman hayati. Jadi melestarikannya tidak hanya membuat paru-paru planet kita tetap hidup, tetapi juga penting untuk harapan membendung bencana hilangnya spesies global, serta bagi masyarakat adat yang tinggal di sana.

Ada harapan bahwa tingkat bencana deforestasi yang terlihat di Brasil baru-baru ini akan mereda di bawah kembalinya Presiden Lula, tetapi pekerjaannya akan sulit. Kongo juga masih dalam ancaman berat, dan meskipun ada kemajuan di Malaysia dan Indonesia, perusakan hutan di sana untuk konversi ke perkebunan kelapa sawit terus berlanjut.

Merestorasi lahan terdegradasi lainnya, dan menyetop konversinya ke agrikultur 

Hutan banyak menjadi berita utama, tetapi banyak aspek lain dari ekosistem alami ini yang merupakan penyerap karbon yang vital, namun sedang terdegradasi. Memulihkannya akan menguntungkan alam dan iklim. 

Lahan basah dan lahan gambut menyimpan karbon dalam jumlah besar, tetapi terancam karena dikeringkan untuk pertanian. Di lautan, rawa bakau dan padang lamun – yang menyimpan karbon dan dapat membantu mengurangi dampak kenaikan permukaan laut dan badai – telah dihancurkan.

Lautan sendiri adalah penyerap karbon yang sangat besar. Tetapi kapasitasnya untuk menyerap dan menyimpan karbon semakin terancam pada suhu yang lebih tinggi. Menghentikan penangkapan ikan berlebihan, misalnya dengan memotong subsidi yang boros untuk industri penangkapan ikan, dan membiarkan ekosistem laut alami beregenerasi akan memulihkan beberapa siklus karbon alami lautan.

Mengubah pola agrikultur dan konsumsi manusia 

Sistem pangan saat ini tidak mungkin menyediakan makanan bagi populasi dunia. Beralih ke pola makan yang lebih berkelanjutan yang kaya tumbuhan  dan pengurangan daging dan produk susu akan turut berpengaruh. 

Di luar makan daging, pupuk melepaskan nitro oksida, gas rumah kaca yang kuat dengan sendirinya. Untungnya, metode pertanian modern, dengan menggunakan teknik pertanian presisi dapat menawarkan cara untuk menjaga hasil tetap tinggi sekaligus mengurangi dampak terhadap iklim dan alam.

Terakhir, mengurangi limbah makanan akan sangat penting, karena secara global sepertiga dari semua makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia terbuang sia-sia. Di negara-negara miskin di selatan global, kurangnya lemari es juga merupakan faktor utama pemborosan makanan sebelum dapat dikonsumsi, dan layak untuk diinvestasikan.

Beralih ke tenaga matahari dan angin 

Saat ini energi terbarukan dalam bentuk tenaga angin dan matahari lebih murah dari bahan bakar fosil di sebagian besar dunia. IPCC menemukan bahwa tenaga surya, tenaga angin, dan pengurangan konversi lahan ke pertanian adalah tiga langkah dengan potensi terkuat untuk mengurangi gas rumah kaca secara global.

Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) juga tengah terlibat dalam perlombaan senjata energi terbarukan, yang kemungkinan akan memacu persaingan lebih jauh. China adalah satu-satunya yang harus diperhatikan, bagaimanapun, menambahkan energi terbarukan ke jaringan listrik tahun lalu hampir sama banyaknya dengan gabungan negara-negara lain di dunia. China juga hampir memonopoli beberapa mineral penting yang digunakan dalam teknologi bersih, posisi yang belakangan diminati oleh AS dan UE.

Efisiensi energi

Badan Energi Internasional (IEA) menemukan bahwa menggunakan energi secara lebih efisien adalah satu-satunya kontributor potensial terbesar untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol bersih. Namun antara tahun 2015 dan 2020 peningkatan intensitas energi primer global melambat, rata-rata 1,4% per tahun, turun dari 2,1% per tahun selama periode 2010-2015. 

Terlepas dari tanda-tanda awal pemulihan, peningkatan intensitas energi global yang lemah di bawah 1% per tahun diamati pada tahun 2020 dan 2021, karena sedikit penguncian akibat Covid-19. Ini jauh di bawah rata-rata 4% per tahun dari 2020 hingga 2030, IEA memperingatkan.

Transportasi juga siap untuk perubahan. Sistem transportasi umum yang lebih efisien di seluruh dunia akan bermanfaat bagi masyarakat, meningkatkan ekonomi, mengurangi polusi udara, dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Tetapi di banyak pusat kota, ini adalah area yang sangat diabaikan oleh pemerintah.

Menyetop penggunaan batu bara

Beralih dari batu bara ke tenaga berbahan bakar gas akan mengurangi emisi gas rumah kaca secara global lebih efektif dibandingkan membuat semua bangunan hemat energi. Tetapi banyak pemerintah – termasuk China, yang baru-baru ini menyetujui perluasan pembangkit listrik tenaga batu bara terbesar sejak 2015, serta India dan Australia – sangat terkait dengan kepentingan batu bara, dan memandang batu bara sebagai hal yang penting untuk ketahanan energi nasional.

Tapi penyetopan penggunaan batu bara bisa dilakukan. Di negara-negara berkembang, kemitraan transisi energi baru saja dimulai di Afrika Selatan, Vietnam dan Indonesia untuk membantu pekerja keluar dari batu bara dan beralih ke pekerjaan dengan keterampilan tinggi di pembangkit energi terbarukan.

Menjadikan iklim prioritas dalam pengambilan kebijakan 

Secara historis, kementerian lingkungan berada di pinggiran pemerintahan, tunduk pada kementerian keuangan dan bisnis.

Ini tidak lagi bisa dipertahankan. IPCC mengeluarkan permohonan pada hari Senin agar iklim menjadi jantung dari semua kebijakan pemerintah, dan semua pengambilan keputusan dalam bisnis.

Hanya dengan “mengarusutamakan” aksi iklim, dalam jargon PBB yang tidak menyenangkan, ke dalam keputusan semua departemen pemerintah, dan di tingkat dewan dalam bisnis, kita dapat berharap untuk membuat banyak perubahan yang dibutuhkan.

Kabar baiknya adalah bahwa setiap orang harus mendapat manfaat, dari kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik, pekerjaan ramah lingkungan dan ekonomi yang lebih hidup, dan dengan mengurangi ancaman bencana iklim. Dr Hoesung Lee, ketua IPCC, mengatakan: 

“Pengarusutamaan tindakan iklim yang efektif dan adil tidak hanya akan mengurangi kerugian dan kerusakan bagi alam dan manusia, tetapi juga akan memberikan manfaat yang lebih luas. Laporan sintesis ini menggarisbawahi urgensi untuk mengambil tindakan yang lebih ambisius dan menunjukkan bahwa, jika kita bertindak sekarang, kita masih dapat mengamankan masa depan berkelanjutan yang layak huni untuk semua.”

Guardian