Aplikasi Facebook: Pasar Terbesar Perdagangan Satwa Liar

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 19 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Facebook tetap menjadi pasar yang berkembang untuk perdagangan satwa liar online meskipun raksasa teknologi berjanji untuk membantu memerangi perdagangan ilegal, menurut penyelidikan baru.

Anak harimau, macan tutul, ocelot, nuri abu-abu Afrika dan monyet terkecil di dunia, marmoset kerdil, termasuk di antara hewan yang terancam punah yang ditemukan oleh peneliti dari kelompok kampanye global Avaaz di halaman Facebook dan grup publik.

Perdagangan satwa liar ilegal adalah kegiatan transnasional terlarang terbesar keempat di dunia, jauh di belakang narkotika, perdagangan manusia, dan pemalsuan. Bisnis bernilai miliaran dolar ini terkait dengan segudang kerugian termasuk kekejaman terhadap hewan, spesies dan ekosistem yang terancam punah, dan memicu penularan penyakit dari hewan ke manusia seperti virus corona, Ebola, demam berdarah, antraks, dan flu burung.

Pada 2018, Facebook, yang memiliki lebih dari 2,9 miliar pengguna bulanan, ikut mendirikan Koalisi untuk Mengakhiri Perdagangan Satwa Liar Online dengan para ahli seperti WWF, yang bertekad untuk memotong perdagangan ilegal hingga 80 persen pada 2020.

Gambar Pygmy marmoset yang diiklankan untuk dijual, diambil dari halaman Facebook Pygmy marmoset for sale

Perusahaan mengatakan telah membuat kemajuan tetapi laporan hari Rabu menunjukkan Facebook tetap menjadi platform populer untuk pedagang hewan.

Dalam dua hari awal tahun ini, para peneliti menemukan 129 konten yang berpotensi berbahaya “dalam hitungan klik” melalui bilah pencarian Facebook termasuk posting yang menjual atau mencari cheetah, monyet, anak singa, dan gading gajah--hewan yang tercantum dalam Konvensi tentang Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (Cites).

Ini termasuk halaman Facebook yang disebut "Perdagangan Satwa Liar, Sisik Trenggiling & Tanduk Badak" yang meminta penawar untuk hewan mereka dengan memposting foto trenggiling di dalam sangkar.

“Para penyelundup tidak segan-segan mencantumkan barang mereka untuk dijual di grup publik, atau memasukkan nomor telepon mereka di pos mereka,” kata Ruth Delbaere, juru kampanye hukum senior di Avaaz. “Di Facebook, perdagangan satwa liar terjadi di siang hari bolong.”

Dalam minggu-minggu berikutnya, Facebook membuat 95 rekomendasi yang berfokus pada satwa liar kepada para peneliti melalui notifikasi dan fitur "grup yang disarankan". Dari jumlah tersebut, 76 persen adalah posting yang ingin membeli atau menjual hewan hidup, yang mungkin melanggar kebijakan Facebook sendiri.

Kemudahan mereka diarahkan ke situs-situs ini menunjukkan bahwa algoritma Facebook tidak sejalan dengan kebijakannya sendiri atau komitmen publik untuk mengekang perdagangan satwa liar online, laporan tersebut menyimpulkan.

“Alih-alih menggunakan data untuk membantu memerangi perdagangan satwa liar, algoritme mereka malah membantu penjahat mengembangkan bisnis mereka,” kata Gretchen Peters, Direktur Eksekutif Alliance to Counter Crime Online.

Empat peneliti Avaaz tanpa latar belakang dalam menyelidiki perdagangan satwa liar, memasukkan istilah pencarian seperti "hewan peliharaan eksotis", "monyet untuk dijual" dan "sisik trenggiling" dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis. Mereka mencari postingan yang berpotensi berbahaya, yang mereka definisikan sebagai konten yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan apakah itu merupakan aktivitas perdagangan satwa liar ilegal.

Menurut laporan itu, Facebook tampaknya menghapus 13 persen dari posting perdagangan satwa liar yang mencurigakan yang mereka temukan sebelum para peneliti melaporkannya. Setelah posting dilaporkan, Facebook hanya menghapus 43 persen seminggu setelah Avaaz memberi tahu perusahaan menggunakan alat "laporan posting".

“Facebook tidak hanya tahu bahwa perdagangan satwa liar berkembang pesat di platform mereka--mereka telah mengetahuinya selama bertahun-tahun. Namun, mereka terus terang-terangan mengabaikan masalah – atau lebih buruk lagi--memungkinkannya, bahkan melanggar pendirian mereka sendiri yang menentang aktivitas kriminal dan menyakiti hewan secara fisik. Temuan penyelidikan ini sepatutnya dicatat,” kata Raúl Grijalva, anggota kongres Demokrat dan ketua komite DPR untuk sumber daya alam.

Pada 2018, Grijalva menyerukan penyelidikan atas peran jejaring sosial dalam perdagangan satwa liar ilegal.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan induk Facebook, Meta, mempertanyakan validitas metodologi penelitian dan ukuran sampel, dan mengatakan hasilnya tidak mencerminkan pekerjaan yang telah mereka lakukan untuk memerangi perdagangan satwa liar.

Seorang juru bicara Meta yang tidak disebutkan namanya menyatakan pihaknya telah memelopori teknologi untuk membantu kami menemukan dan menghapus konten ini; meluncurkan peringatan pop-up untuk mencegah orang berpartisipasi dalam perdagangan ini.

"Antara Januari dan Mei 2021 di Indonesia dan Filipina saja, kami menghapus lebih dari 1.900 Grup Facebook yang terkait dengan perdagangan satwa liar. Ini adalah ruang permusuhan, dan orang-orang di balik aktivitas mengerikan ini gigih dan terus mengembangkan taktik mereka untuk mencoba dan menghindari upaya ini.”

Laporan tersebut menyerukan Facebook untuk memperkuat dan menegakkan kebijakan untuk mengakhiri perdagangan satwa liar termasuk membatasi hasil pencarian tertentu dan mengubah algoritme mereka, serta bekerja sama dengan penegak hukum dan lembaga pemerintah untuk memerangi perdagangan satwa liar online.

The Guardian