Spesies Baru Katak Berlumut Ditemukan di Vietnam

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 22 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah tim peneliti internasional telah menggambarkan spesies baru dari genus katak pohon Theloderma dari timur laut Vietnam. Genus Theloderma adalah kelompok katak pohon yang kurang dikenal karena kebiasaan mereka yang samar dan karena mereka jarang ditemui.

Pertama kali diperkenalkan pada 1838, genus itu saat ini terdiri dari 26 spesies yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, Cina selatan, dan India timur laut.

“Vietnam memiliki lebih banyak spesies Theloderma daripada negara lain mana pun; total 16 spesies telah dicatat hingga saat ini,” kata Dr. Tao Thien Nguyen dari Museum Alam Nasional Vietnam dan Institute Penelitian Genom di Akademi Sains dan Teknologi Vietnam dan rekan-rekannya dari Vietnam dan Jerman.

“Penemuan spesies tambahan Theloderma di Vietnam menunjukkan bahwa kekayaan spesies genus saat ini masih diremehkan.”

Theloderma khoii, holotype, berkelamin jantan./Foto: Ninh dkk

Spesies baru ini ditemukan pada Juni 2020 selama kerja lapangan di Provinsi Ha Giang, Vietnam timur laut. Dinamakan Theloderma khoii (nama umum adalah katak berlumut Khoi), spesies ini tercatat pada ketinggian antara 1.320 dan 1.750 m di atas permukaan laut.

“Distribusi spesies ini tidak diketahui tetapi mungkin meluas ke daerah hutan dataran tinggi yang berdekatan di Provinsi Ha Giang, Vietnam dan di Provinsi Yunnan, Cina,” kata para peneliti.

Theloderma khoii adalah anggota genus yang berukuran besar; jantan (panjang moncong ke vent 52,2 mm) lebih kecil dari betina (59,4 mm), dengan kantung vokal tunggal dan bantalan perkawinan.

Theloderma khoii menunjukkan karakter diagnostik dari genus Theloderma, misalnya tympanum yang berbeda, canthus rostralis bulat, tonjolan tulang dari canthus rostralis hingga oksiput tidak ada, dan kulit kepala tidak menyatu dengan tengkorak,” kata para penulis.

Mereka menyarankan spesies baru harus dianggap Terancam Punah mengikuti kategori Daftar Merah IUCN.

“Spesies baru kemungkinan besar muncul di satu lokasi yang ditentukan ancaman, yang telah dicirikan sebagai area dengan penurunan kualitas habitat yang berkelanjutan akibat deforestasi,” kata mereka.

“Oleh karena itu, Theloderma khoii kemungkinan memenuhi syarat sebagai B1ab(iii) yang Terancam Punah sesuai dengan kategori dan kriteria Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.”

Sebuah makalah yang menjelaskan penemuan itu diterbitkan dalam European Journal of Taxonomy.

SCI-NEWS