Pembukaan Lahan Diperkirakan Merusak 90 ribu Ha Habitat Koala

Penulis : Aryo Bhawono

Lingkungan

Kamis, 17 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Lebih dari 90 ribu hektar hutan habitat koala di Queensland dibuka dalam satu tahun. Analisis The Wilderness Society (TWS) menyebutkan pembukaan lahan ini dilakukan untuk produksi daging sapi.

Analisis ini dikembangkan TWS setelah memeriksa Studi Tutupan Lahan dan Pohon (Statewide Landcover and Trees Study/ Slats) terbaru pemerintah Queensland. Data tutupan itu menunjukkan pemilik lahan membuka 680.688 hektar vegetasi berkayu pada 2018-19. 

Sekitar 92.718 hektar dari kawasan pembukaan hutan itu merupakan habitat koala, setara dengan dua pertiga wilayah pemerintah lokal Brisbane. Sebagian besar lahan, sekitar 73.825 ha atau 80 persen digunakan untuk produksi daging sapi.

Penjabat Manajer Kampanye Queensland untuk TWS, Anita Cosgrove, mengatakan sebagian besar perusakan habitat ini tidak sesuai dengan undang-undang lingkungan nasional Australia. Meski undang-undang dirasa tak terlalu ketat mengatasi deforestasi dan perlindungan spesies namun yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika undang-undang tersebut tidak diterapkan sama sekali.

Koala, hewan endemik Australia. Foto: Istimewa.

“Pemerintah harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi penurunan spesies secara efektif, dan ini juga saat yang tepat untuk mencermati industri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan. Di Queensland, itulah industri daging sapi,” kata dia seperti dikutip dari Guardian.

Analisis ini dihasilkan dengan memeriksa data Slats dengan data pemerintah federal tentang habitat spesies terancam yang terdaftar. 

Selain itu Menteri Lingkungan Federal, Susan Ley, telah meningkatkan status konservasi koala menjadi terancam punah. Ia juga telah berjanji untuk mengadopsi rencana pemulihan nasional untuk spesies tersebut.

TWS sebelumnya telah menyerukan pendekatan yang lebih baik bagi industri, distribusi, dan penjualan daging sapi.

Pada tahun 2018, mereka menghasilkan laporan tentang pembukaan di daerah tangkapan air Great Barrier Reef. Laporan ini berpendapat industri dapat terkena risiko keuangan di masa depan akibat deforestasi.

Pada tahun yang sama, undang-undang pembukaan lahan diperketat di Queensland, setelah dilonggarkan di bawah pemerintahan sebelumnya.

Sejak itu pemerintah memperkenalkan teknologi resolusi tinggi untuk melihat jumlah pembukaan, yang berarti data SLATS dari 2018-2019 tidak dapat secara langsung dibandingkan dengan data dari tahun-tahun sebelumnya.

Organisasi seperti WWF Australia mengatakan tingginya tingkat pembukaan lahan di negara bagian tersebut menunjukkan bahwa perubahan pada undang-undang tersebut telah gagal untuk mengerem perusakan habitat. Metode pemantauan yang lama kemungkinan mengakibatkan kurangnya pelaporan pembukaan lahan pada tahun-tahun sebelum 2018- 2019.

Cosgrove mengatakan pemerintah federal dan negara bagian perlu mengambil tindakan yang lebih tegas untuk melindungi habitat spesies yang berisiko punah. Industri juga dapat mengambil langkah dengan memastikan bahwa produk daging sapi dalam rantai pasokan mereka berkelanjutan dan bebas deforestasi. Saat ini hanya sebagian kecil produsen yang bertanggung jawab atas tingginya laju deforestasi.

“Pengecer besar daging sapi perlu mendukung mayoritas produsen yang sudah melakukan hal yang benar.”

Mark Davie, seorang petani yang berbasis di Queensland dan ketua komite pengarah untuk Kerangka Kerja Keberlanjutan Daging Sapi Australia, mengatakan angka pembukaan hutan lebih tinggi karena perubahan dalam metode pemantauan dan metode tidak menangkap kualitas dari apa yang dibuka.

Pembukaan lahan termasuk spesies invasif seperti lantana dan tanaman karet, dan petani tidak ingin memberi tekanan lebih pada hewan seperti koala.

“Tidak ada yang ingin membuat koala semakin terancam punah,” katanya.

Davie mengatakan telah ada kebangkitan dalam proyek-proyek pertanian untuk mengelola keanekaragaman hayati tetapi industri masih mencari insentif yang lebih baik yang memungkinkan petani untuk menyeimbangkan menjalankan operasi mereka dan melindungi lanskap.

“Saya mendapatkan niat dari The Wilderness Society dan saya ingin kita bersatu dan mendapatkan solusi yang bukan solusi dari satelit, ini solusi di lapangan,” katanya.