5 Kiat Baik pada Hari Bumi

Penulis : Gilang Helindro

Lingkungan

Senin, 22 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day di seluruh dunia.

Biasanya berbagai organisasi melakukan kegiatan bermanfaat untuk lingkungan, kadang sampai turun ke jalan. Berikut lima kegiatan bermakna untuk merayakan Hari Bumi.

1. Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan kegiatan bermanfaat. Pohon dapat menghasilkan lebih banyak oksigen sampai membersihkan udara.

Ilustrasi Bumi. Dok. Unsplash

2. Memilah dan Mengolah Sampah

Dengan memilah sampah dari rumah, dan mengolah sampah organik menjadi kompos,  volume sampah rumah tangga bisa dikurangi. Pengelolaan di tempat penampung sampah juga lebih mudah.

3. Menggunakan Tas Belanja dan Meminimalisir Penggunaan Plastik

Mengurangi penggunaan plastik belanja dapat membantu mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sebab, plastik sekali pakai tidak mudah terurai secara alami sehingga menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan.

4. Menghemat Energi

Salah satunya dengan menghemat listrik. Alasan utama masyarakat harus berlaku bijak dalam penggunaan listrik karena energi pembangkitnya rata-rata berasal dari sumber energi kotor. Mematikan lampu jika tidak diperlukan, batasi penggunaan barang elektronik yang tidak dibutuhkan.

5. Menghemat Penggunaan Air

Menghemat air penting untuk menjaga persediaan, kebersihan air, dan melindungi lingkungan. Cara menghemat air dapat dilakukan mulai dari rumah.

UNICEF menyebut, lebih dari dua miliar orang kekurangan pasokan air. Pada awal 2025, diprediksi bahwa setengah dari populasi dunia mengalami kelangkaan air.