LIPUTAN KHUSUS:

Pembenahan Kawasan Hutan Salah Satu Langkah Tekan Deforestasi


Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Pembenahan kawasan hutan bisa jadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menekan deforestasi dan mencapai target penyerapan bersih karbon sektor kehutanan

Deforestasi

Senin, 17 Januari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Pembenahan kawasan hutan menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menekan angka deforestasi dan mencapai target penyerapan bersih karbon sektor kehutanan. Pendapat itu muncul dari Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB University dan peneliti Center for International Forestry Research (CIFOR) Prof. Herry Purnomo.

"Tentu pertama, membenahi kawasan hutan terutama di hutan produksi yang alih fungsi lahan menjadi perkebunan. Ini harus dicegah," ujar Herry Purnomo, kepada Antara.

Herry mengakui, langkah itu terkadang menjadi rumit ketika hutan-hutan sudah beralih fungsi dan dihuni oleh masyarakat. Namun, ia mendorong adanya pertimbangan untuk mereka yang terbukti petani kecil dan penegakan hukum untuk yang masuk dalam kategori besar.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah upaya reforestasi di lahan-lahan yang telah terdegradasi. Selain itu perlu diperjelas terkait kepastian pengelolaan lahan tersebut.

Deforestasi hutan Kalimantan Tengah./Foto: Ario Tanoto

Langkah ketiga, jelasnya, adalah pengembangan ekonomi di kawasan hutan, seperti ekowisata, agar hutan memberikan dampak ekonomi yang besar terhadap komunitas sekitar. Dukungan dari aktor non-pemerintah juga sangat dibutuhkan, seperti dari organisasi nirlaba dan pihak swasta untuk mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan. Secara khusus dia menyoroti pemanfaatan produk yang tidak dihasilkan dari deforestasi.

"Itu sejalan sebenarnya, tidak usah kita musuhi tapi kita manfaatkan untuk memperkuat anti-deforestasi di Indonesia juga peluang mendapatkan pasar yang tinggi," jelasnya.

Selain ketiga langkah tersebut, dia juga mengatakan, gerakan penanaman pohon yang dilakukan oleh berbagai pihak bisa memberikan dampak kepada usaha reforestasi. Namun, langkah penanaman itu perlu disertai dengan komitmen perawatan demi memastikan kelestarian pohon yang sudah ditanam.

Antara