LIPUTAN KHUSUS:

AS Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar


Penulis : Aryo Bhawono

Setiap orang di AS menghasilkan sampah 130 kilogram.

Ekologi

Jumat, 03 Desember 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Amerika Serikat tercatat sebagai negara penghasil sampah plastik di dunia. Negara tersebut sekarang menghasilkan sekitar 42 juta metrik ton sampah plastik per tahun. 

Catatan ini termuat dalam laporan yang dikompilasi dengan data milik National Academies of Science, Engineering, and Medicine. Kompilasi data ini merupakan amanat Kongres AS. 

Laporan itu menyebutkan jumlah sampah plastik di AS meningkat tajam sejak 1960. Kini jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, maka setiap orang di AS menghasilkan sampah 130 kilogram hingga menghasilkan total sampah sekitar 42 juta metrik ton setahun. Jumlah ini lebih dari gabungan semua negara anggota Uni Eropa. 

Sedangkan jumlah keseluruhan limbah kota yang dibuat di AS juga dua hingga delapan kali lebih besar daripada negara-negara yang sebanding di seluruh dunia.

Sebanyak 1.262 sampai 1.380 kontainer yang berisi sampah plastik dan kertas dari negara maju. Sampah tersebut dikirim dengan dalih sebagai bahan baku industri di Tanah Air. doc Balifokus

Meningkatnya jumlah sampah plastik itu sendiri dipicu oleh munculnya plastik murah dan serbaguna. AS pun duduk sebagai kontributor utama plastik sekali pakai yang akhirnya menjerat dan mencekik kehidupan laut, merusak ekosistem, dan membawa bahaya polusi melalui rantai makanan.

Infrastruktur daur ulang telah gagal mengimbangi pertumbuhan produksi plastik AS. Alhasil negara itu memberi sumbangan terbesar kebocoran pembuangan ke lingkungan tiap tahun yang mencapai 2,2 juta ton, mulai dari botol, sedotan, hingga kemasan. Sebagian besar plastik ini berakhir, melalui sungai dan sungai, di lautan dunia.

Di seluruh dunia setidaknya 8,8 juta ton sampah plastik masuk ke laut setiap tahun, setara dengan membuang truk sampah berisi plastik ke laut setiap menit. Jika masalah ini berlanjut, para ilmuwan memperkirakan jumlah ini bisa melonjak menjadi 53 juta ton per tahun pada 2030. Angka ini setara dengan setengah dari berat semua ikan yang ditangkap dari lautan secara global setiap tahun.

“Sampah plastik adalah krisis lingkungan dan sosial yang perlu ditangani AS secara tegas dari sumber ke laut,” kata Margaret Spring, kepala konservasi dan sains di Monterey Bay Aquarium. Spring memimpin komite ahli yang menyusun laporan yang diamanatkan kongres untuk National Academies of Science, Engineering, and Medicine.

Ia mengatakan sampah plastik yang dihasilkan oleh AS memiliki begitu banyak konsekuensi, berdampak pada komunitas pedalaman dan pesisir, mencemari sungai, danau, pantai, teluk, serta saluran air. Hal ini menempatkan beban sosial dan ekonomi pada populasi yang rentan, membahayakan habitat laut dan satwa liar, dan mencemari perairan tempat mencari makanan. 

AS dan negara maju lainnya biasanya mengalihkan masalah limbah dengan mengirimkan plastik ke China, tetapi impor ini dihentikan pada tahun 2018. Hal ini menyebabkan peningkatan limbah plastik yang dikirim ke negara lain, seperti Vietnam dan Thailand. sementara plastik daur ulang yang dibakar di tempat pembuangan sampah domestik tidak mampu mengatasi volume sampah yang sangat besar.

“Ada urgensi untuk masalah ini karena produksi meningkat, limbah meningkat dan oleh karena itu dampak kebocoran berpotensi meningkat juga,” kata Jenna Jambeck, anggota komite ilmiah di balik laporan tersebut.