LIPUTAN KHUSUS:

171 LSM Dunia Dorong Implementasi Peraturan Deforestasi Uni Eropa


Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

EUDR atau Peraturan Deforestasi Uni Eropa akan menjamin konsumsi warga negara Uni Eropa tidak berkontribusi pada perusakan hutan yang tak tergantikan.

Deforestasi

Selasa, 16 April 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID - Sebanyak 171 lembaga masyarakat sipil dari berbagai negara di Dunia, menyampaikan dukungan penuh terhadap penerapan Peraturan Deforestasi Uni Eropa atau Eropa Uni atau European Union Deforestation Regulation (EUDR). Dukungan tersebut disampaikan dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

"Kami menulis surat kepada Anda untuk menegaskan kembali dukungan penuh kami terhadap Peraturan Deforestasi Uni Eropa (EUDR). Menanggapi krisis keanekaragaman hayati dan iklim global, Anda dan Komisi Anda memperkenalkan undang-undang penting ini pada November 2021 untuk memerangi dan mempercepat penghentian deforestasi global," kata kelompok masyarakat sipil dalam suratnya, 11 April 2024.

EUDR, kata kelompok ini, yang pertama dari jenisnya di dunia, dimaksudkan untuk menjamin bahwa konsumsi warga negara Uni Eropa atas komoditas utama yang berisiko terhadap hutan tidak berkontribusi pada perusakan hutan yang tak tergantikan, dari daerah tropis hingga Eropa dan sekitarnya.

EUDR mulai berlaku pada Juni 2023 setelah diadopsi dengan dukungan luas dari Dewan dan Parlemen. Kelompok ini berpendapat, negara-negara anggota Uni Eropa dan Komisi Eropa sekarang harus segera mengimplementasikan undang-undang ini dan memastikan bahwa undang-undang ini dipatuhi oleh semua aktor yang relevan.

PT Mayawana Persada diduga terus melakukan pembukaan lahan gambut serta hutan alam yang menjadi habitat orang utan di Kalimantan Barat. Dok Istimewa

"Undang-undang ini diperkenalkan untuk menciptakan lapangan bermain yang setara di pasar setelah kegagalan janji sukarela selama bertahun-tahun oleh sektor swasta untuk mengatasi deforestasi dalam rantai pasokan mereka," kata kelompok ini.

EUDR diperkenalkan untuk menciptakan lapangan bermain yang setara di pasar setelah kegagalan janji sukarela selama bertahun-tahun oleh sektor swasta untuk mengatasi deforestasi dalam rantai pasokan mereka.

Hal ini, lanjut mereka, merupakan bagian penting untuk memastikan bahwa Uni Eropa memenuhi komitmen yang dibuat oleh para pihak dalam Konvensi Iklim PBB di COP28 pada Desember 2023, yakni 'melestarikan, melindungi, dan memulihkan alam dan ekosistem untuk mencapai target suhu kesepakatan Paris' dan 'menghentikan dan membalikkan deforestasi dan degradasi hutan pada 2030', dan juga Kerangka Kerja Keanekaragaman Hayati Global Kunming-Montreal yang diadopsi pada Konferensi Keanekaragaman Hayati PBB di COP15 pada Desember 2022. Mengingat komitmen internasional ini, keputusan Komisi Eropa tahun lalu untuk memberikan tender untuk tinjauan yang ditargetkan yang diramalkan dalam Pasal 34 (paragraf 1-4) dari EUDR merupakan langkah maju yang disambut baik dan diperlukan.

Mengingat krisis iklim dan keanekaragaman hayati yang semakin memburuk, sangat penting bagi generasi sekarang dan generasi mendatang bahwa tindakan yang diperlukan oleh Komisi dan negara-negara anggota di bawah EUDR dilakukan tepat waktu. Perusakan hutan dan ekosistem terus berlanjut dengan dampak yang cukup besar terhadap hak-hak dan mata pencaharian masyarakat adat dan masyarakat yang bergantung pada hutan dan ekosistem lainnya, dan dengan konsekuensi yang telah dirasakan di dalam Uni Eropa melalui kekeringan yang memburuk dan kebakaran hutan.

"Uni Eropa harus segera melepaskan diri dari model produksi dan konsumsi yang memicu kerusakan alam dan mengancam hak asasi manusia dan mata pencaharian pertanian," kata mereka.

Kelompok masyarakat sipil ini sadar, bahwa beberapa asosiasi industri tertentu, negara ketiga, dan bahkan menteri pertanian dari negara-negara anggota Uni Eropa mengkritik EUDR atau aspek-aspek tertentu darinya, yang berisiko melemahkannya, meskipun telah dilakukan penelitian, konsultasi, dan proses legislatif yang terbuka dan transparan selama bertahun-tahun.

Mereka mendesak von der Leyen untuk melindungi integritas proses pengambilan keputusan demokratis Uni Eropa dan untuk memastikan bahwa Uni Eropa berdiri teguh dalam mengejar tujuan yang ditetapkan dalam EUDR.

Kepemimpinan politik, seperti yang tercermin dalam pengembangan Kesepakatan Hijau, menunjukkan visi jangka panjang, yang diperlukan untuk krisis global ini. Kelompok ini percaya bahwa von der Leyen akan mendukung komitmen yang dibuat untuk warga negara Uni Eropa dan menegakkan hukum yang von der Leyen dan Komisi Eropa usulkan--dan bahwa dewan dan parlemen sangat menyetujui--dengan memastikan implementasinya yang tepat dan cepat.

"Kami akan berterima kasih atas kesempatan untuk membahas rincian masalah penting ini lebih lanjut lebih lanjut dengan anda, dan menantikan kabar dari anda mengenai tanggal dan waktu yang tepat untuk yang sesuai untuk pertemuan," kata kelompok ini.

Berikut adalah daftar 171 LSM yang mendorong implementasi EUDR.

Logo 171 LSM pendukung implementasi EUDR