Solusi Iklim: Aksi Reforestasi di Wilayah Kelola Rakyat

Penulis : Gilang Helindro

Iklim

Rabu, 29 Maret 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID - Kerjasama kelompok tani hutan (KTH), Lembaga Masyarakat Desa Hutan, Desa Padusan Kabupaten Mojokerto Dan Desa Cipalabuh kabupaten lebak yang merupakan deklarator dari asosiasi pengelola perhutanan sosial Indonesia melakukan aksi reforestasi dengan tema Wilayah Kelola Rakyat Sebagai Solusi Iklim.

Roni Usman Kusmana, Ketua Umum Badan Pengurus Nasional Asosiasi Pengelola Perhutanan Sosial Indonesia (AP2SI), mengatakan bahwa upaya tanpa henti dalam menjalankan praktik perlindungan wilayah kelola rakyat baik pada sisi tata kuasa, tata kelola, tata produksi, dan tata konsumsinya salah satunya melalui skema perhutanan sosial. 

Dalam pelaksanaan perhutanan sosial, kata Roni. Masyarakat merupakan pemangku kepentingan utama dalam pengelolaan hutan ini mengambil peran aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. sosial, dan ekonomi serta mengurangi dampak perubahan iklim. 

“Kegiatan ini merupakan kerja bersama kelompok perhutanan sosial anggota AP2SI dan Badan Pengurus AP2SI serta Pemerintah desa selain juga tentu melibatkan kelompok muda di desa, kegiatan aksi reforestasi ini lakukan di 3 desa di jawa barat, banten, dan jawa timur, total ada 1.275 bibit yang di tanam buah serta kayuan yang tentu di harapkan di waktu kedepan akan memberikan manfaat langsung bagi kelompok,” katanya dalam keterangan resminya Selasa, 28 Maret 2023.

Ilustrasi Pegembangan Wilayah Kelola Rakyat. Foto: Walhi Eknas

Syaiful Anam salah satu pengurus Kelompok Tani Hutan Rimba Makmur Desa Padusan Kabupaten Mojokerto mengatakan kegiatan aksi reforestasi dengan tanaman Multi Purpose Tree Species (MPTS). “Dimana salah satu tujuannya untuk mengayakan jenis tanaman di wilayah kelola rakyat lewat skema perhutanan sosial ini dan dalam jangka yang panjang diharapkan dapat berkontribusi terhadap mitigasi perubahan iklim,” katanya.

Muslihudin ketua LMDH Pesona Alam Lestari Desa Padusan menambahkan, kegiatan ini merupakan aksi nyata untuk terus melindungi ekosistem hutan di wilayah kelola rakyat. “Karena kami sangat sadar hutan memberikan manfaat  sehingga harus terus di rawat, dijaga, serta dikembangkan melalui kegiatan ini merupakan salah promosi yang dilakukan untuk menginspirasi para pihak,” ungkapnya.

Apresiasi kepada kelompok perhutanan sosial di desa padusan dan AP2SI oleh Iriani selaku kepala desa padusan yang turut hadir dalam kegiatan aksi reforestasi 

“ini kegiatan kerja bersama yang luar biasa dimana kelompok menjalankan prinsip berbagi peran dan berbagi tanggung jawab untuk kemajuan kelompok serta tentu ini akan berdampak positif bagi desa kedepannya, kegiatan ini saya sebut sebagai sebuah langkah bertahap namun kongkrit untuk membuktikan upaya perlindungan terhadap wilayah kelola rakyat melalui perhutanan sosial ini” katanya.

Mukri friatna yang sedang bersama sutono Kepala Desa Cipalabuh dan Ja’i ketua dari Kelompok tani hutan Maju Berkah Kabupaten Lebak menyampaikan “saat ini kami sedang berada di lokasi kegiatan aksi reforestasi dan setelah ini kami juga mendiskusikan peraturan menteri no. 4 tahun 2023 tentang pengelolaan Pehutanan Sosial di KHDPK yang telah terbit bulan lalu serta berbagi informasi perkembangan dari Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan/PPTPKH di di desa ini agar kelompok ini secara bersama dapat menentukkan langkah tindakan kedepannya,” kata kepala divisi organisasi badan pengurus nasional AP2SI ini.