Permintaan Air Bersih Global akan Lampaui 40% Pasokan pada 2030

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Selasa, 21 Maret 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Dunia berada di bawah ancaman krisis air yang akan segera terjadi. Permintaan air diperkirakan akan melebihi pasokan air tawar sebesar 40% pada akhir dekade ini. menurut para ahli dalam konferensi tingkat tinggi PBB mengenai air. 

Dalam laporannya para ahli menyatakan bahwa pemerintah harus segera berhenti mensubsidi ekstraksi dan penggunaan air yang berlebihan melalui subsidi pertanian yang salah arah. Industri dari pertambangan hingga manufaktur harus merombak praktik yang boros air. 

Bangsa-bangsa harus mulai mengelola air sebagai “milik bersama global”, karena sebagian besar negara sangat bergantung pada tetangga mereka untuk pasokan air. Penggunaan berlebihan, polusi, dan krisis iklim mengancam pasokan air secara global, kata penulis laporan tersebut.

Johan Rockstrom, direktur Potsdam Institute for Climate Impact Research dan penulis utama laporan tersebut mengatakan, pengabaian sumber daya air saat ini menyebabkan bencana. 

Seorang pemudi meminum air dari keran di Sudan. Dok UN

“Bukti ilmiahnya adalah kita mengalami krisis air. Kita menyalahgunakan air, mencemari air, dan mengubah seluruh siklus hidrologi global, melalui apa yang kita lakukan terhadap iklim. Ini krisis tiga kali lipat,” kata Rockstorm dikutip dari Guardian, Jumat, 17 Maret 2023. 

Mariana Mazzucato, seorang ekonom dan profesor di University College London, juga seorang penulis utama, menambahkan: “Kita membutuhkan pendekatan kebaikan bersama yang jauh lebih proaktif, dan ambisius. Kita harus mengutamakan keadilan dan kesetaraan, ini bukan hanya masalah teknologi atau keuangan.”

Laporan tersebut menandai pertama kalinya sistem air global diteliti secara komprehensif dan nilainya bagi negara-negara – dan risiko bagi kemakmuran mereka jika air diabaikan – ditata dengan jelas. Penulis laporan berharap untuk menyoroti krisis dengan cara yang dapat dikenali oleh pembuat kebijakan dan ekonom.

Rockstrom mengatakan, banyak pemerintah masih tidak menyadari betapa saling ketergantungan mereka dalam hal air. Sebagian besar negara bergantung sekitar setengah dari pasokan air mereka pada penguapan air dari negara tetangga – yang dikenal sebagai air “hijau” karena disimpan di dalam tanah dan dihasilkan dari transpirasi di hutan dan ekosistem lainnya, ketika tumbuhan mengambil air dari tanah dan melepaskan uap ke udara dari daunnya.

Laporan tersebut menetapkan tujuh rekomendasi utama, termasuk membentuk kembali tata kelola sumber daya air global, meningkatkan investasi dalam pengelolaan air melalui kemitraan publik-swasta, menetapkan harga air dengan benar dan membangun “kemitraan air yang adil” untuk mengumpulkan dana bagi proyek air di negara berkembang dan menengah. negara pendapatan.

Lebih dari $1 triliun subsidi secara global digunakan untuk pertanian dan air setiap tahun. Hal ini seringkali memicu konsumsi air yang berlebihan. Kebocoran air juga harus segera diatasi, menurut laporan tersebut, dan memulihkan sistem air tawar seperti lahan basah harus menjadi prioritas lain.

Air sangat fundamental bagi krisis iklim dan krisis pangan global. “Tidak akan ada revolusi pertanian kecuali kita memperbaiki air,” kata Rockstrom. “Di balik semua tantangan yang kita hadapi ini, selalu ada air, dan kita tidak pernah berbicara tentang air.”

Banyak cara penggunaan air tidak efisien dan perlu diubah. Rockstrom menyoroti sistem pembuangan limbah negara maju. “Sungguh luar biasa bahwa kita menggunakan air bersih yang aman untuk membawa kotoran, urin, nitrogen, fosfor – dan kemudian perlu memiliki pabrik pengolahan air limbah yang tidak efisien yang membocorkan 30% dari semua nutrisi ke ekosistem perairan hilir dan menghancurkannya serta menyebabkan zona mati,” katanya. 

“Kita benar-benar menipu diri sendiri dalam hal sistem modern yang linier dan ditularkan melalui air dalam menangani limbah ini. Diperlukan inovasi besar-besaran,” tambahnya. 

KTT air PBB, yang dipimpin oleh Belanda dan Tajikistan, akan berlangsung di New York pada 22 Maret. Para pemimpin dunia diundang tetapi hanya sedikit yang diharapkan hadir, dengan sebagian besar negara diwakili oleh menteri atau pejabat tinggi. Ini akan menandai pertama kalinya dalam lebih dari empat dekade PBB bertemu untuk membahas air, dengan upaya sebelumnya dihalangi oleh pemerintah yang enggan menyetujui segala bentuk tata kelola sumber daya internasional.