Dua Rafflesia Arnoldii Mekar Sempurna di Bengkulu Selatan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 02 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Dua Rafflesia arnoldii mekar sempurna di kebun warga, di Dusun Palu Lebagh, Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

Dua bunga langka dilindungi ini diketahui mulai mekar sejak akhir September lalu dan diperkirakan mulai layu pada Kamis (1/12/2022) besok.

"Untuk satu bunga Rafflesia tersebut, hari ini sudah mulai menghitam. Namun satu bunga lainnya hingga besok masih bagus," kata Yogi, Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (30/11/2022), dikutip dari Antara.

Dua Rafflesia arnoldii ini dapat dilihat langsung dengan mendatangi lokasi. Akan tetapi dengan mengikuti peraturan di lapangan. Sebab sebelum memasuki lokasi mekarnya Rafflesia arnoldii, para pengunjung harus melewati kebun jagung warga.

Dua Rafflesia arnoldii mekar di sekitar kebun milik warga di Dusun Pulu Lebagh, Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan./Foto: Antara/Anggi Mayasari

Warga diminta untuk berhati-hati ketika sudah tiba di lokasi mekarnya bunga tersebut, sebab dikhawatirkan pengunjung menginjak bonggol Rafflesia.

"Untuk masyarakat yang ingin melihat kami persilakan, namun harus hati-hati saat berada di lokasi," ujar Yogi.

Untuk memudahkan, para pengunjung dapat menghubungi KPPL Bengkulu Selatan dan masyarakat sekitar lokasi untuk memandu mendatangi lokasi Rafflesia arnoldi yang mekar tersebut.

Lokasi mekarnya Rafflesia arnoldii ini berjarak sekitar 150 meter dari jalan raya di Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu Selatan. Yogi berharap masyarakat yang berkunjung dan menyaksikan Rafflesia yang mekar itu untuk mendukung upaya menjaga kelestarian habitat bunga raksasa itu.