Apa yang Terjadi ketika Manusia Mengintervensi Alam?

Penulis : Tim Betahita

Biodiversitas

Kamis, 01 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Aktivitas manusia telah mendorong krisis iklim. Penggunaan bahan bakar fosil dan konsumsi berlebihan berkontribusi besar dalam meningkatkan emisi gas rumah kaca. Sejarah juga mencatat intervensi manusia terhadap alam justru merusak keseimbangan ekosistem, yang berujung pada fenomena mematikan dan penyakit yang merugikan manusia. 

Berikut lima kasus yang pernah terjadi ketika manusia campur tangan pada biodiversitas alami: 

1. Populasi burung nasar turun, kasus rabies naik 

Pada awal 1990-an, burung nasar di seluruh India mulai mati secara misterius. Hering berparuh panjang, berparuh ramping, dan punggung putih oriental menurun ke ambang kepunahan, dengan jumlah tiga spesies hering paling umum di India turun lebih dari 97% antara tahun 1992 dan 2007. Enam spesies lainnya juga mengalami penurunan tajam. Para ilmuwan mulai menguji unggas yang mati dan mengetahui bahwa mereka terpapar diklofenak, obat anti-inflamasi yang secara rutin diberikan kepada ternak di Asia Selatan pada saat itu. Burung nasar yang memakan bangkai sapi pun keracunan. 

Hutan mangrove diketahui melindungi wilayah pesisir, karena sistem akarnya yang besar menyerap sebagian dari energi dan dampak gelombang. Dok James Morgan/WWF

Inilah awal dari reaksi berantai yang berlangsung panjang. Saat populasi burung hering anjlok, bangkai sapi mulai menumpuk, dan jumlah tikus serta anjing liar melonjak. Anjing menjadi pemulung utama di tempat pembuangan yang sebelumnya digunakan oleh burung nasar. Data menunjukkan bahwa dari tahun 1992 hingga 2003, jumlah anjing meningkat sebanyak 7 juta. Jumlah gigitan anjing melonjak dan infeksi rabies melonjak, menyebabkan puluhan ribu orang meninggal setiap tahun. Pada tahun 2006, diklofenak dilarang, dan populasi burung nasar perlahan mulai pulih.

2. Pembantaian burung pipit di China memicu wabah serangga 

Pada akhir 1950-an, pemimpin China, Mao Zedong, ingin mempercepat industrialisasi negara melalui Gerakan Lompatan Jauh ke Depan (Great Leap Forward). Ini melibatkan “kampanye empat hama”, yang menargetkan nyamuk, tikus, lalat, dan burung pipit. Mao memerintahkan semua burung pipit di negara itu dibunuh karena mengira mereka memakan beras dan biji-bijian dan mengurangi jumlah yang tersedia untuk manusia. Warga disuruh menembak burung, merobohkan sarangnya, menghancurkan telurnya dan membenturkan periuk agar mereka ketakutan ke langit dan jatuh mati, kelelahan. Burung pipit hampir punah di Cina.

Apa yang tidak disadari oleh pejabat Mao adalah bahwa burung pipit hanya mengandalkan biji-bijian untuk sebagian kecil dari makanannya: sebagian besar terdiri dari serangga. Setelah pembunuhan massal, terjadi letusan hama serangga yang merusak tanaman negara. “Bencana ekologis ini ditambah dengan kekeringan bertahun-tahun dan kebijakan pertanian yang menghancurkan menyebabkan salah satu kelaparan paling menghancurkan dalam sejarah. Diperkirakan sekitar 45 juta orang meninggal,” kata Prof Marc Cadotte, seorang ahli ekologi di University of Toronto.

3. Jamur katak yang mematikan memicu lonjakan malaria 

Jamur chytrid mematikan bernama Batrachochytrium dendrobatidis (Bd) mengoyak Panama dan Kosta Rika dari tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an, menyebabkan kepunahan puluhan spesies amfibi, dengan beberapa ilmuwan menyebutkan jumlahnya di 90. Itu digambarkan sebagai “ hilangnya keanekaragaman hayati terbesar yang disebabkan oleh suatu penyakit”, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari tragedi tersebut.

Setelah kematian ini, terjadi lonjakan kasus malaria selama delapan tahun di Amerika Tengah, karena nyamuk berkembang biak. Penelitian baru-baru ini mengaitkan fenomena tersebut dengan tidak adanya katak, salamander, dan amfibi lain yang memangsa telurnya, para peneliti melaporkan baru-baru ini. Pada puncaknya terjadi peningkatan lima kali lipat kasus malaria.

“Jika kita membiarkan gangguan ekosistem besar-besaran terjadi, hal itu dapat berdampak besar pada kesehatan manusia dengan cara yang sulit diprediksi sebelumnya dan sulit dikendalikan begitu terjadi,” kata Michael Springborn, seorang profesor di University of California, Davis, dan penulis utama makalah ini.

4. Hilangnya hutan mangrove memperburuk tsunami di Asia 

Pada 2004, gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia menewaskan lebih dari 230.000 orang. Negara-negara yang paling terpukul adalah Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand, yang semuanya telah mengalami penurunan tutupan bakau yang signifikan, menurut laporan dari Environmental Justice Foundation. Dari tahun 1980 hingga 2000, area yang tertutup mangrove di negara-negara tersebut turun sebesar 28%. Di tempat-tempat pepohonan dihancurkan, gelombang merambah lebih jauh ke pedalaman, membunuh lebih banyak orang dan memperparah kehancuran rumah dan mata pencaharian. “Hutan bakau memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa manusia dan harta benda”, kata laporan itu.

Mangrove menyerap dampak gelombang dan naiknya permukaan laut dengan sistem akarnya yang besar, yang menghilangkan energi. “Melestarikan dan memulihkan kawasan bakau pesisir sangat penting jika masyarakat pesisir ingin pulih dan dilindungi dari kejadian serupa,” laporan tersebut menyimpulkan.

5. Hilangnya terumbu karang mengancam keselamatan properti pesisir

Seperti hutan mangrove, terumbu karang merupakan penahan alami terhadap gelombang dan badai. Karena formasinya yang keras dan bergerigi, mereka dapat melindungi masyarakat pesisir dan mengurangi ancaman erosi. Terumbu karang membuat gelombang lebih mungkin pecah di lepas pantai, mengurangi energi gelombang rata-rata 97% pada saat mencapai daratan. Diperkirakan hampir 200 juta orang di wilayah pesisir di seluruh dunia bergantung pada perlindungan terumbu karang. Penelitian menunjukkan bahwa Amerika Serikat memberikan lebih dari $1,8 miliar per tahun untuk manfaat perlindungan banjir.

Namun, pembangunan seperti marina dan dermaga, serta polusi merusak terumbu karang ini. Karang juga dihancurkan oleh kenaikan suhu, yang menyebabkan pemutihan massal. Penelitian menunjukkan bahwa hampir semua karang di planet ini akan mengalami pemutihan parah jika suhu global naik 1,5C.