Pemerintah Siap Resmikan Tiga DOB di Tanah Papua Akhir Oktober

Penulis : Tim Betahita

Hukum

Selasa, 04 Oktober 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan tiga daerah otonomi baru (DOB) di Papua yakni Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah akan diresmikan pada akhir Oktober 2022.

Pemerintah juga akan melantik penjabat (Pj.) gubernur di masing-masing DOB itu.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, melalui keterangan tertulisnya.

Menurut John, tim satuan tugas DOB Papua telah melakukan pemuktahiran data, informasi, dan status lahan yang akan menjadi kantor para pj. gubernur.

Demonstrasi menolak DOB Papua mendapat penjagaan ketat oleh aparat keamanan, sebelum dibubarkan di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua pada Selasa (10/05/2022).(KOMPAS.COM/Roberthus Yewen)

“Dalam undang-undang yang ada, peresmian provinsi dan pelantikan penjabat gubernur dilakukan setelah enam bulan undang-undang diundangkan,” katanya.

Namun agar tiga daerah bisa mengikuti Pemilu 2024, maka peresmian dan pelantikan perlu dipercepat.

"Kini tahapan pemilu sedang berlangsung, termasuk pendaftaran para calon. Oleh karena itu, penjabat gubernur harus dilantik agar dapat mengikuti Pemilu 2024," kata John Wempi.

"Untuk nama-nama penjabat sudah ada tinggal pelantikan pada Oktober 2022," tambahnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan pemerintah sepakat untuk mengatur mekanisme Pemilu 2024 di tiga DOB Papua lewat peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Pemilu.

Adapun perubahan aturan terkait pemilu itu diperlukan karena pembentukan provinsi baru di Papua yang terdiri dari Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegununungan berimplikasi pada perubahan daerah pemilihan dan keterisian wakil legislatif di tingkat pusat dan daerah pemekaran.