Jadi Pj Gubernur, Dirjen Minerba Disuruh Urus Tambang Timah

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Tambang

Selasa, 17 Mei 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba), Ridwan Djamaluddin didapuk sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Ia mendapat tugas khusus, yakni membenahi pertambangan biji timah di provinsi penghasil timah nomor dua terbesar di Dunia itu.

"Saya sebelum dilantik, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk melakukan hilirisasi industri pertambangan timah," kata Ridwan, dikutip dari Antara, Senin (16/5/2022).

Ridwan menuturkan, sebelum dirinya dilantik sebagai Pj. Gubernur Bangka Belitung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga memberi pesan agar membenahi tata kelola pertimahan di Bangka Belitung.

"Membenahi pertambangan timah ini menjadi tugas khusus yang diberikan oleh pemerintah pusat, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat."

Tim gabungan pengamanan PT Timah Tbk. mengamankan ekskavator, alat tambang, dan ratusan bijih timah hasil penambangan secara ilegal di wilayah konsesi perusahaan berpelat merah itu./Foto: Antara/Aprionis

Dirjen Minerba itu menerangkan, terkait peningkatan royalti dari PT Timah Tbk. akibat eksploitasi pertambangan yang tidak sebanding dengan kerusakan alam yang terjadi, ada peluang untuk ditingkatkan, dan saat ini hal tersebut tengah dibahas di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Progres saham hingga saat ini belum begitu maju. Hal ini dikarenakan PT Timah merupakan perusahaan terbuka sehingga mekanismenya tidak bisa kita putuskan sepihak," kata Ridwan.

Ridwan berpendapat, Bangka Belitung merupakan wilayah pertambangan timah, sehingga dirinya punya keinginan untuk agar pertambangan timah di sana berdampak pada perekonomian masyarakat.