Dalam Sepekan 2 Paus Sperma Ditemukan Mati di Florida

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Sabtu, 14 Mei 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID - Dalam sepekan dua paus sperma mati dalam waktu satu pekan di Florida Keys. Namun para pejabat tidak segera melihat hubungan antara kematian tersebut.

Koordinator Mamalia Laut Regional Tenggara National Oceanic and Atmospheric Administration, Blair Mase mengatakan, seekor paus sperma ditemukan mati setelah terdampar di Key Largo, Rabu (11/5/2022) lalu.

Kemudian seekor jantan dewasa, panjangnya hampir 50 kaki (15 meter), ditemukan terdampar Selasa malam sekitar 15 mil (24 kilometer) timur laut Key West. Bangkai paus sperma ini ditarik ke Marina terdekat, Rabu pagi.

“Kami mencoba mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Kami benar-benar berharap itu tidak menjadi tren,” kata Mase.

Paus sperma yang terdampar Rabu, 11 Mei 2022, di Keys, Florida. Dua paus sperma telah mati dalam waktu seminggu satu sama lain di Florida Keys, tetapi para pejabat tidak segera melihat hubungan antara kematian./Foto: Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida melalui AP

Mase menyebut, sebuah nekropsi pada paus sperma menunjukkan kemungkinan mati karena dipisahkan dari induknya. Para pejabat masih menunggu hasil untuk menentukan apakah paus sperma itu membawa penyakit.

Pejabat dari NOAA, bersama dengan Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida dan Responder Mamalia Laut Dolphins Plus, sedang mempelajari mayat dewasa pada hari Rabu, tercatat bahwa hewan itu tampak kurus.

Mase mengatakan para pejabat biasanya mencatat sekitar dua paus sperma terdampar setahun di Teluk Meksiko, jadi dua dalam sepekan tidak biasa. Kata Mase, paus sperma biasanya ditemukan jauh dari daratan kecuali mereka sakit.

AP News