Kota-Kota Besar di Pesisir Asia Tenggelam Lebih Cepat

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Lingkungan

Rabu, 27 April 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Manila dan beberapa kota pesisir Asia lainnya, termasuk sejumlah kota di Indonesia, tenggelam lebih cepat daripada laju kenaikan permukaan laut, menurut sebuah penelitian yang menyerukan tindakan regulasi yang ketat untuk mengurangi pengambilan air tanah, yang diidentifikasi sebagai penyebab utama penurunan tanah.

Sejak 1993, kenaikan permukaan laut telah terjadi dengan kecepatan sekitar tiga milimeter per tahun, menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim .

Namun, ibu kota Filipina itu mengalami penurunan tanah lebih dari 2 sentimeter per tahun antara 2015 dan 2020, hampir tujuh kali lebih cepat dari rata-rata kenaikan permukaan laut, sehingga meningkatkan kemungkinan banjir. Fenomena penurunan tanah lebih cepat dari kenaikan permukaan laut lebih menonjol di kota-kota Asia daripada di tempat lain, kata penelitian yang diterbitkan di Geophysical Research Letters.

Studi ini mencakup 99 kota pesisir di seluruh dunia, 33 di antaranya memiliki area atau bagian yang mengalami penurunan lebih dari satu sentimeter per tahun. Peneliti Pei-Chin Wu, Matt Wei dan Steven D'Hondt dari Graduate School of Oceanography di University of Rhode Island menggunakan Interferometric Synthetic Aperture Radar berbasis satelit untuk mengidentifikasi "daerah yang surut cepat".

Bencana banjir yang terjadi di Manila, Filipina pada 2012 lalu. Ibu kota Filipina yang merupakan salah satu kota di Asia ini cepat tenggelam./Foto: AusAID (CC BY 2.0).

Studi tersebut mengatakan ekstraksi air tanah yang berlebihan kemungkinan besar menjadi alasan tenggelamnya beberapa daerah di kota-kota ini berpotensi mempengaruhi 59 juta orang. Studi sebelumnya telah menyebutkan peningkatan populasi yang cepat, perluasan produksi industri dan pertanian, tidak adanya pengolahan air dan kualitas air yang buruk dari air permukaan yang tersedia karena polusi adalah salah satu alasan utama untuk meningkatkan ketergantungan pada air tanah.

“Di sebagian besar kota, sebagian tanahnya surut lebih cepat daripada naiknya permukaan laut,” kata studi tersebut.

“Jika penurunan tanah terus berlanjut pada tingkat saat ini, kota-kota ini akan ditantang oleh banjir lebih cepat daripada yang diproyeksikan oleh model kenaikan permukaan laut. Penurunan paling cepat terjadi di Asia Selatan, Tenggara, dan Timur. Namun, penurunan tanah yang cepat juga terjadi di Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Australia.”

Wei mengatakan, penurunan tanah telah berkurang di Manila, meskipun ekstraksi air tanah yang tidak diatur dapat meniadakan keuntungan apa pun.

“Menurut satu penelitian, Manila telah surut 3 sentimeter per tahun dari 2003 hingga 2010. Jadi, pengamatan kami 2 sentimeter per tahun antara 2015 dan 2020 lebih lambat,” kata Wei.

Wei dan rekan-rekan penelitinya mengatakan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa tingkat penurunan tanah di Jakarta, Indonesia dan Shanghai, Cina telah melambat secara signifikan, kemungkinan karena penurunan tingkat ekstraksi air tanah yang diterapkan sebagai peraturan pemerintah.

Antara 1982 dan 2010, tanah di Jakarta mengalami penurunan tanah sebanyak 28 sentimeter. Di Shanghai, tingkat penurunan tanah antara 1990 dan 2001 adalah 1,6 sentimeter per tahun. Namun sejak 2015 hingga 2020, penurunan tanah turun dan paling drastis terjadi di Jakarta yang mencapai 3 sentimeter per tahun.

Sementara mencari sumber air tanah alternatif adalah solusi yang diperlukan, Manila perlu mengubah bagaimana pembangunan ekonomi dikejar secara keseluruhan, kata Rodrigo Narod Eco, mantan peneliti di Institut Ilmu Kelautan di Universitas Filipina.

“Saya pikir masalahnya pada dasarnya adalah masalah pembangunan, di mana kita memiliki konversi bentang alam dan bentang laut yang tak henti-hentinya. Sebagai contoh, daerah yang menyusut di Kota Manila sebagian besar merupakan tanah reklamasi. Sama seperti beberapa tempat lain juga, seperti di Dagat-Dagatan, yang direklamasi pada masa kediktatoran Marcos. Sebelumnya, itu adalah tempat pemancingan komunal,” katanya.

“Saya kira bisa mencari sumber air alternatif, tapi kita harus tetap bertanya dari mana kebutuhan airnya. Apakah dari perusahaan komersial, pabrik, perkebunan, tambak? Bahkan jika kita memiliki sumber air alternatif, apakah akan tersedia untuk rumah tangga? Apakah pembagiannya akan adil?”

Sementara itu, ancaman penurunan tanah tetap ada. Indonesia terpaksa memindahkan ibu kotanya ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur--yang kemudian disebut Nusantara--dari Jakarta, yang mana seperti yang ditunjukkan oleh studi tersebut, tempat-tempat seperti Kabupaten Bekasi di ibu kota Indonesia menyusut dua sentimeter per tahun karena pengambilan air tanah.

Studi itu juga menyebutkan, Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, mengalami penurunan tanah tiga sentimeter per tahun seperti halnya Tianjin di Cina. Ini mengerdilkan kenaikan permukaan laut rata-rata global hampir 15 kali lipat, kata studi tersebut.

Wei mengatakan pihak berwenang di kota-kota pesisir ini harus dapat mengembangkan solusi yang akan mengatasi masalah penurunan tanah dan kenaikan permukaan laut.

"Pemerintah harus memasukkan penurunan muka air pantai dalam rencana mereka untuk kenaikan permukaan laut," katanya.

SciDev.Net