Relawan Selamatkan Ratusan Hewan Terlantar akibat Perang Ukraina

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Satwa

Minggu, 03 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Saat jutaan orang bergegas meninggalkan Ukraina, beberapa hewan peliharaan ditinggalkan saat Rusia terus menyerang kota-kota tetangga mereka di selatan. ZooPatrol didirikan sebagai tanggapan, dan mereka sekarang menerima sekitar 800 permintaan per hari untuk menyelamatkan kucing dan anjing yang terdampar.

Dalam tiga minggu, para relawan telah menyelamatkan lebih dari 200 hewan, dan 500 hewan peliharaan lainnya telah diselamatkan oleh orang-orang biasa yang menonton instruksi video di jejaring sosial ZooPatrol.

Produser Dmytro Revnyuk memutuskan untuk tidak meninggalkan Kyiv ketika tank Rusia masuk satu bulan lalu. Suatu hari seorang tetangga meminta suaminya untuk menyelamatkan seekor kucing yang ditinggalkannya di apartemen selama evakuasi. Dmytro dan seorang teman memotong pintu dengan dan menyelamatkan seekor binatang yang telah dikurung selama seminggu.

"Kucing itu senang, naik untuk memeluk, bergumam. Ini menginspirasi saya untuk mengambil tindakan lebih lanjut, jadi saya menerbitkan posting tentang pelepasan hewan secara gratis," kata Dmytro.

Relawan telah menyelamatkan lebih dari 200 hewan, dan 500 hewan peliharaan lainnya telah diselamatkan oleh orang-orang biasa/Foto: instagram.com/zoopatrulkyiv

Orang-orang dari seluruh Kyiv mulai meminta Dmytro untuk menyelamatkan hewan peliharaan mereka. Sekarang, 13 tim ZooPatrol beraksi di sekitar ibu kota Ukraina.

"Pada awalnya, kami menerima sekitar 100 permintaan sehari, dan sekarang 800," kata Maria Yerokhina, Kepala Koordinator Zoopatrulya.

Awalnya, Maria menerima pertanyaan melalui telepon, pesan teks, atau media sosial. Tapi kemudian dia membuat formulir Google, yang sekarang diisi oleh pemiliknya. Puluhan relawan bergabung dalam inisiatif tersebut.

Beberapa bekerja dalam patroli, sementara yang lain membuat spreadsheet, menerima panggilan dari hotline atau menjawab pesan di jejaring sosial.

"Sebelum berangkat, kami selalu tahu urgensi penyelamatan. Banyak orang menyelamatkan hewan dari video kami, di mana kami menjelaskan cara terbaik untuk menyelamatkan hewan," kata Maria.

Untuk menyelamatkan hewan, patroli kebun binatang pergi ke alamat. Kemudian, dengan izin dari pemiliknya, ada tiga opsi untuk penyelamatan.

Pertama, relawan mengebor lubang kecil di pintu atau dinding. Makanan dituangkan melalui itu, dan air dituangkan ke dalam hewan melalui tabung.

Opsi kedua adalah lubang. Itu dilakukan baik di pintu itu sendiri atau di dinding di sebelahnya. Cara ketiga, yang hanya terjadi dengan persetujuan video dari pemilik apartemen, adalah "mendobrak" pintu atau kunci itu sendiri.

"Kami masuk ke apartemen, mengambil barang-barang hewani. Gendongan, toilet, makanan. Kemudian kami menutup apartemen agar tidak ada orang lain yang ke sana," kata Maria.

Sebelumnya, seorang dokter hewan pahlawan menyeberang ke Ukraina untuk menyelamatkan hewan yang berada dalam konflik--termasuk seekor anjing dengan peluru bersarang di tulang punggungnya dan seekor kambing kerdil dengan kaki yang sakit.

Jakub Kotowicz, 32, melakukan perjalanan ke zona perang pekan lalu sebagai bagian dari konvoi dari Przemysl di perbatasan Polandia. Dalam dua minggu terakhir dia telah menyelamatkan sekitar 200 kucing dan 60 anjing dari Lviv, dalam tiga konvoi.

Bukan hanya anjing dan kucing, Jakub bahkan telah menyelamatkan seekor kambing kerdil./Foto: Tom Maddick/SWNS)

Hewan peliharaan yang diselamatkan yang pulih dari trauma termasuk kucing Sphinx yang mengenakan jumper rajutan yang suka dipeluk, dan anak anjing Chihuahua yang diselamatkan bersama induknya.

Jakub berencana memelihara anak kambing kerdil bernama Sasha yang diselamatkan dari Lviv saat berusia dua bulan.

Jakub berangkat dari Polandia pada siang hari pada hari Selasa dan kembali pada jam 3 pagi dan mengatakan bahwa dia tidak tidur selama lima hari.

Dia berkata, semua kucing sangat stres, perjalanan dari Lviv adalah satu hari dan kami melintasi perbatasan dengan izin diplomatik tetapi antrian dari Ukraina sangat panjang.

“Kami sedang mempersiapkan hewan untuk proses adopsi. Kami membeli dua mobil dan membayar £12.500 untuk satu mobil. Terkadang hewan yang kondisinya sangat buruk akan bersama kita selama dua atau tiga bulan.”

Ini terjadi setelah internet menjadi liar karena seekor anjing pahlawan membantu militer Ukraina dalam perjuangan mereka melawan Rusia. Jepretan lucu Patron (yang diterjemahkan menjadi Bullet dalam bahasa Inggris) awalnya diposting ke forum Reddit r/dogswithjobs tetapi sejak itu telah dibagikan di tempat lain.

DAILY STAR