Peneliti: Hutan Eukaliptus Mengeskalasi Suhu saat Bumi Memanas

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Hutan

Kamis, 24 Februari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Hutan eukaliptus yang tinggi di Tasmania Selatan sangat baik dalam mengambil karbon dioksida dari atmosfer dan mengubahnya menjadi kayu. Selama bertahun-tahun, hutan-hutan itu dipercaya memiliki penyangga keamanan yang wajar dari perubahan iklim, karena lingkungan yang sejuk dan lembab.

Sayangnya penelitian yang diterbitkan Tim Wardlaw, Peneliti dari Universitas Tasmania, 17 Februari kemarin menunjukkan hutan-hutan ini lebih dekat ke tepi daripada yang kita harapkan. Wardlaw menemukan selama gelombang panas, hutan ini beralih dari menyerap karbon menjadi memompanya kembali.

Itu bukan kabar baik, mengingat gelombang panas diperkirakan hanya akan meningkat saat dunia memanas. Sementara kita bekerja untuk memangkas emisi dan perlu mencari cara untuk membuat hutan vital ini lebih tangguh.

Dari pengambilan sampel hutan terbukti bahwa lingkungan yang lembab dan sejuk seperti Tasmania selatan menyediakan kondisi pertumbuhan yang ideal untuk hutan eukaliptus yang tinggi. Wardlaw percaya jenis hutan ini akan memiliki penyangga terhadap efek terburuk dari perubahan iklim yang akan datang, dan bahkan mungkin mendapat manfaat dari pemanasan terbatas. Tapi ini tidak lagi terjadi.

Foto udara perkebunan hutan tanaman industri di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Foto: Yudi Nofiandi/Auriga

Wardlaw memantau apa yang terjadi pada hutan mesmate stringybark (Eucalyptus obliqua) selama tiga minggu gelombang panas pada November 2017. Dalam kondisi ini, hutan menjadi sumber bersih karbon dioksida, dengan setiap hektar melepaskan hampir 10 ton gas rumah kaca lebih dari periode itu.

Setahun sebelumnya selama kondisi yang lebih normal, hutan merupakan penyerap karbon dioksida, mengambil sekitar 3,5 ton per hektare.

Bagaimana kita bisa tahu ini? Hutan yang Wardlaw pelajari berada di Supersite Warra di hulu Lembah Huon, salah satu dari 16 stasiun lapangan pemantauan ekosistem intensif yang membentuk Jaringan Penelitian Ekosistem Terestrial Australia .

Instrumen yang dipasang di menara setinggi 80 meter di Warra memberi kita wawasan luar biasa tentang bagaimana hutan berperilaku. Kita dapat mengukur seberapa banyak, dan seberapa cepat, karbon dioksida, air, dan energi berpindah-pindah antara hutan dan atmosfer.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi di hutan selama musim panas? Dua hal krusial.

Yang pertama adalah bahwa hutan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Hal ini diharapkan, karena sel-sel hidup di semua bentuk kehidupan yang bernafas dengan udara--ini termasuk pohon--lebih banyak bernafas saat suhu menghangat.

Tapi yang kedua sangat tidak terduga. Kemampuan hutan untuk berfotosintesis turun, yang berarti lebih sedikit energi matahari yang diubah menjadi gula. Ini terjadi ketika pohon-pohon sedang bertranspirasi (mengeluarkan uap air) dengan cepat.

Sampai sekarang, kita telah melihat penurunan hasil fotosintesis dalam gelombang panas karena pepohonan berusaha membatasi kehilangan airnya. Pohon-pohon eukaliptus itu dapat melakukan ini dengan menutup pori-pori mereka di daun (stomata). Ketika pohon menutup stomata, karbon dioksida di udara lebih sulit masuk ke daun dan memicu proses fotosintesis.

Sebaliknya, gelombang panas ini membuat pepohonan melepaskan air dan menghasilkan lebih sedikit makanan pada saat yang bersamaan.

Jadi apa yang terjadi? Singkatnya, suhunya terlalu panas untuk hutan di Tasmania selatan. Setiap hutan memiliki suhu yang ideal untuk mendapatkan hasil fotosintesis yang terbaik. Kita sekarang tahu bahwa suhu di Australia ini terkait dengan iklim bersejarah di daerah setempat.

Itu berarti pohon-pohon di Warra membutuhkan suhu yang lebih rendah untuk memberi makan diri mereka sendiri secara optimal, dibandingkan dengan kebanyakan hutan Australia lainnya.

Selama gelombang panas 2017, suhu melonjak jauh di luar zona nyaman hutan. Di bagian terpanas hari itu, hutan tidak lagi mampu membuat cukup makanan untuk memberi makan dirinya sendiri.

The Conversation