Paus Orca Mampir Anambas, KKP: Keanekaragaman Tinggi

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Selasa, 28 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Kawanan paus Orca muncul di Perairan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau belum lama ini. Kehadiran jenis yang masih berkerabat dengan lumba-lumba itu sempat viral di media sosial dan kini mendapat perhatian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Peristiwa munculnya Orca di Taman Wisata Perairan Anambas ini terekam kamera video ponsel seorang nelayan asal Desa Tarempa Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Aldi Pratama, si nelayan, merekamnya pada 30 Maret 2020 sekitar pukul 12.00 WIB dan terlihat tujuh ekor Orca.  

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Aryo Hanggono, menjelaskan kemunculan Orca di sekitar TWP Anambas mengindikasikan wilayah perairan itu memiliki keanekaragaman hayati laut yang tinggi. KKP, kata Aryo, akan mendorong perlindungan kawasan itu dan mengembangkannya sebagai konservasi berbasis ekowisata di belahan barat Indonesia.

Menurutnya, sesuai Kepmen KP No.37/KEPMEN-KP/2014, TWP Anambas merupakan wilayah perairan yang dikelola kementerian. "Saya mendorong Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan sebagian ruangnya untuk konservasi dan diwujudkan dalam Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau kecil (RZ WP3K)," ujar Aryo dalam siaran pers di Jakarta, Jumat 24 April 2020.

Kawanan paus pembunuh, Orca, yang terlihat di perairan Taman Wisata Perairan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, terekam kamera video amatir seorang nelayan setempat, 30 Maret 2020. ANTARA/HO-KKP

Aryo menyebut kehadiran Orca tergolong langka dan karenanya perlu mendapat perhatian dengan penelitian lebih lanjut. Penguatan kemitraan kementerian atau lembaga, pemda, peneliti dan NGO, serta masyarakat disebutnya menjadi tantangan tersendiri.  

Orca atau disebut juga paus pembunuh merupakan jenis mamalia laut yang masih berkerabat dengan lumba-lumba dalam keluarga Delphinidae. Biasa dikenal dengan tubuh hitam putih, jenis paus ini tumbuh hingga mencapai 9,8 meter dengan berat 11 ton. 

Banyak ditemukan pada perairan yang lebih dingin, kawanan Orca beberapa kali muncul di Indonesia. Sebelum di Anambas, kawasan lain yang pernah disinggahi seperti di Bone Bolango, Gorontalo, pada 2019; Maratua, Kalimantan Timur, pada 2018; Selat Makassar pada 2014; serta terlihat setiap tahun di Bali, Maluku, Papua (Kabupaten Raja Ampat), dan Nusa Tenggara Timur (Laut Sawu).

Saat ini paus Orca masih masuk dalam kategori Data Deficient (DD; informasi kurang) dalam daftar merah International Union of Conservation Nature (IUCN).

TEMPO.CO | TERAS.ID