Taman Nasional Tetap Dibuka, Gubernur Cemas Komodo Makin Kurus

Penulis : Redaksi Betahita

Lingkungan

Senin, 21 Januari 2019

Editor : Redaksi Betahita

Betahita.id –  Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dikabarkan akan ditutup. Kabar ini disiarkan sejumlah media daring dan  diperkuat dengan pernyataan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang menyebut kawasan Taman Nasional Komodo akan ditutup sementara dalam waktu dekat selama 1 tahun.

Baca juga:  KKP Perkenalkan Teknologi Rendah Karbon dalam Pariwisata

Rencana penutupan Taman Nasional Komodo dilatari kekhawatiran Viktor akan kondisi komodo yang diduga semakin kurus disertai populasi yang berkurang. Tujuan penutupan tersebut untuk meningkatkan populasi komodo dan memulihkan kondisi makanannya.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Budhy Kurniawan memastikan tak ada rencana penutupan kawasan wisata konservasi Kepulauan Komodo dalam waktu dekat. “Saat ini pengelolaan Taman Nasional Komodo berjalan seperti biasa,” ujar Budhy dalam pesan pendek kepada Tempo pada Minggu, 20 Januari 2019.

Sejumlah komodo berkumpul dalam kunjungan di Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Ahad, 14 Oktober 2018. Pulau Rinca yang merupakan zona inti Taman Nasional Komodo, dihuni lebih dari 1.500 ekor komodo. TEMPO/Tony Hartawan

Ihwal kondisi komodo dan perintah gubernur mensterilkan kawasan konservasi dari wisatawan untuk sementara itu, Budhy mengatakan belum memperoleh kabar resmi. “Kami belum dapat informasi apa-apa,” ucapnya. Bahkan, dia melanjutkan, pengelola baru-baru ini melakukan kajian carrying capacity untuk menghitung daya muat komodo di habitatnya di ujung Pulau Flores itu.

Balai Taman Nasional Komodo mencatat, dua pulau terbesar yang menjadi habitat komodo adalah Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Kedua pulau itu telah dibuka untuk wisatawan. Jumlah komodo di Pulau Rinca mencapai 1.300 ekor hingga 2018.

Jumlah komodo jantan tercatat lebih banyak ketimbang komodo betina. Imbasnya, persaingan komodo jantan untuk mendapatkan komodo betina cukup tinggi. Rata-rata, dua hingga tiga komodo jantan akan memperebutkan satu komodo betina.

Setiap tahun, komodo rutin memasuki musim kawin. Biasanya, musim kawin terjadi pada bulan Juni hingga Agustus. Pasca-musim kawin, induk komodo akan menetaskan 15 sampai 30 telur dengan masa inkubasi kurang lebih sembilan bulan. Tak seperti hewan lain yang melindungi telur di bawah perutnya, komodo akan membuat lubang dan menanam telur di bawah tanah.

Artikel terkait:
Kunjungan Wisatawan ke Taman Nasional Komodo Melonjak 42 Persen

Fidel Hardi, ranger asal Manggarai Barat, yang ditemui Tempo di Pulau Rinca beberapa waktu lalu mengatakan, masing-masing komodo betina akan memilih satu lokasi untuk dijadikan sarang. “Di titik itu, akan dibuat banyak lubang. Tapi lubang yang berisi telur hanya satu,” tutur Fidel. Saat ini, menurut dia, populasi komodo masih normal. Pengelola pun menerapkan peraturan ketat untuk wisatawan yang berkunjung supaya tak mengganggu komodo.

TERAS.ID | TEMPO.CO